Tips Memilih Baterai Hp yang Berkualitas dan Awet

Tips Memilih Baterai Hp yang Berkualitas dan Awet

Berapa lama baterai ponsel Anda bertahan? tiga jam, lima jam atau lebih sehari atau bahkan hanya 30 menit. Baterai merupakan salah satu komponen penting untuk ponsel, terutama bagi Anda yang menggunakan smartphone yang memiliki berbagai fitur.

Menggunakan banyak pekerjaan dan koneksi data seluler yang terus menerus di Smartphone, tentunya akan membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Baterai bawaan ponsel biasanya mampu bertahan dengan baik dan tidak mudah habis setelah sekitar satu tahun pemakaian. Berikut akan kami bahas mengenai Tips Memilih Baterai Hp yang berkualitas.

Sebenarnya bukan patokan yang pasti, tapi kebanyakan jika digunakan dengan waktu yang rentan, kualitas daya tahannya mulai menurun. Itu juga dapat mempersingkat masa pakainya jika digunakan dalam game brutal, online, dan berkelanjutan. Sebelum melangkah lebih jauh untuk memilih baterai ponsel, ada baiknya mengetahui jenis baterai yang digunakan untuk ponsel.

Tips Memilih Baterai Hp yang Berkualitas dan Awet

Jenis baterai Li-Ion

Baterai Li-Ion adalah jenis baterai isi ulang yang menggunakan senyawa lithium interkalasi. Dimana ion litium berpindah dari elektroda negatif ke elektroda positif saat dilepaskan, dan kembali lagi saat diisi ulang.

Baterai jenis ini banyak digunakan pada ponsel dengan ciri khas terdapat tulisan Li-Ion pada baterai dan dapat dilepas dari ponsel tanpa membongkar ponsel secara keseluruhan. Biasanya disebut baterai yang dapat dilepas (tidak tertanam)

Baterai Li-Po adalah jenis baterai yang banyak digunakan untuk ponsel tipe baru yang tidak dapat dilepas dengan mudah. Tidak dapat dilepas (baterai internal).

 

Seperti namanya, Li-Po adalah singkatan dari Lithium Polymer, yang merupakan cairan di dalamnya, dan menggunakan elektrolit polimer yang sangat padat, serta mampu menghantarkan daya lebih cepat. Untuk perbedaan kedua jenis baterai diatas, untuk Li-Po merupakan pengembangan dari baterai diatas Li-Ion.

Ciri-ciri Baterai HP yang Sudah Mulai Rusak

  • Perubahan kondisi fisik (kembung)
  • Cepat habis dan pengisian cepat penuh
  • Indikasi di ponsel berubah drastis

Nah, bagi Anda yang ingin mengganti baterai ponsel yang rusak, berikut beberapa tips cara memilih baterai ponsel yang memiliki kualitas bagus. Memilih baterai yang salah dapat merusak ponsel. Jika Anda merasa telah memilih kualitas yang baik, Anda juga dapat memeriksa baterai yang terpasang menggunakan aplikasi CPU-Z.

Bagaimana Cara Memilih Baterai Ponsel yang Bagus?

Baterai

Baterai handphone yang memiliki kualitas bagus, didesain serapi mungkin dan dari tulisan stiker, setiap informasi pada baterai akan tertulis dengan jelas dan baik. Hologram juga memastikan kualitasnya bagus.

Kualitas Sel

Baterai yang bagus terasa kokoh dan kencang. Struktur bodi baterai terlihat rapi dan kokoh, dan akan ada penjelasan rinci tentang di mana sel itu dibuat.

Hapus Garansi Baterai

Jika baterai yang akan Anda beli benar-benar bagus, maka akan ada informasi yang jelas tentang pusat layanan dan dukungan garansi yang jelas. Selain itu, baterai yang bermasalah di pakai seharian sudah terlihat tidak wajar seperti ciri-ciri kerusakan di atas.

Daya tahan baterai juga dipengaruhi oleh pengisi daya yang Anda gunakan, sehingga memilih pengisi daya yang baik dan berkualitas juga penting. Berikut adalah artikel yang mengulas tentang charger yang paling bagus untuk ponsel Anda.

Nah itulah Tips Memilih Baterai Hp yang bagus dan berkualitas. Hati-hati dalam memilih, jangan mudah tergiur dengan embel-embel mAh besar dengan harga yang jauh di bawah standar

BACA JUGA :  Pengertian, Macam dan Manfaat Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *